Kamis, 07 Juli 2011

RPP CNC


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                    : Memprogram NC/CNC Dasar
Kelas / Semester                  : XI (Sebelas) / 5 (lima)
Pertemuan Ke                      : 1 -  6
 Alokasi Waktu                     : 12 JP (12 x 40’)
Standar Kompetensi             : Memprogram NC/CNC Dasar
Kode Standar Komp.            : KK.016
Kompetensi Dasar                : Mengenal dasar bagian-bagian program
  mesin NC/CNC
Indikator                               : Memilih elemen program yang sesuai untuk
                                               pengontrol mesin

I.           Tujuan Pembelajara
Siswa dapat menentukan pemilihan dan pemakaian elemen-elemen program yang sesuai untuk suatu pengontrolan mesin

II.         Materi Pembelajaran
·         Pengertian Pemesinan CNC (Computer Numerical Control)
·         Jenis-jenis mesin CNC secara garis besar
·         Program dan bagian program CNC
·         Format atau bentuk penulisan program CNC
1.       Sistim table
2.       Sistim lembar program
·         Sistem Persumbuan
·         Metoda Pemograman
1.       Absolut
2.       Inkremental

III.       Metode Pembelajaran
·            Problem Solving
·            Inquiri
·            Modeling
·            Reflection
·            Learning Community

IV.       Langkah – Langkah Pembelajaran
A.      Kegiatan Pendahuluan
·      Guru mengucapkan salam saat masuk kelas.
·      Siswa diminta untuk berdoa bersama-sama yang dipimpin oleh ketua kelas sebelum proses KBM dimulai. (3 menit)
·      Guru mengabsen kehadiran Siswa (3 menit).
·      Guru menjelaskan pokok-pokok materi sebelumnya dengan materi yang akan dibahas (2 menit).
·      Guru memberi pengarahan dan motivasi kepada siswa akan pentingnya materi yang akan dibahas (2 menit.)

B.      Kegiatan Inti
1.       Eksplorasi
·         Pembelajaran diawali dengan penjelasan guru, mengenai poin-poin  yang akan dibahas hari ini, tanpa penjelasan secara terperinci

2.       Elaborasi
·         Dilanjutkan kemudian guru memberikan lembaran kertas yang didalamnya ada bahan materi dan siswa diberi kesempatan untuk mempelajari sendiri materi dengan batasan yang telah dijelaskan sebelumnya.
·         Guru kemudian memberikan pertanyaan kepada siswa tertentu tentang materi dan memberi kesempatan kepada siswa lainnya untuk memberikan  komentar atas jawaban siswa pertama, dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang materi tersebut. Ini dilakukan hingga semua materi terbahas.

3.       Konfirmasi
·         Selanjutnya guru menjelaskan cara penyelesaian untuk suatu permasalahan yang dibuat oleh guru sendiri.
·         Dilanjutkan dengan memberi permasalahan baru yang harus diselesaika oleh siswa, beberapa orang siswa diberi kesempatan kedepan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut (dibuat variasi soal/permasalahan)

C.      Kegiatan Penutup
·      Guru mengulas ulang  secara garis besar materi yang telah dibahas (5menit).
·      Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa atau memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai materi ajar yang baru diberikan (5menit).
·      Guru memberikan penugasan kepada siswa yang berhubungan dengan materi yang baru disampaikan (2menit).
·      Guru memberikan pengarahan dan informasi tentang materi ajar untuk pertemuan yang akan datang (3menit).

V.         Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat                      :
·         Lembar intruksi kerja
·         Papan tulis
·         Kapur

Bahan                 :
·         Software media pembelajaran
Sumber Belajar       :
·         Modul mengoperasikan mesin CNC (dasar)
·         Modul CNC bubut teknologi industri

VI.       Penilaian
1.       Jenis dan Bentuk Tes
·      Test Formatif Pilihan Ganda
·      Tugas

2.       Butir Soal, Kunci Jawaban dan Penskoran
·      Terlampir

3.       Kriteria Ketuntasan Belajar
·      Hasil Tes
·      Penilaian proses dari hasil perkembangan pemahaman dan pekerjaan  siswa.
·      Remedial


                                                                                                       Bandung,  Juli  2010 
                                                                                                       Guru Mata Pelajaran


                                                                                                        R. Maulana Irdam,S.Pd


 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar